Selasa, 21 Februari 2017

Panduan Menggunakan SUMIF Dan SUMIFS Di Excel

Melanjutkan pembahasan tentang penggunaan Rumus Excel, kali ini kita akan belajar penggunaan fungsi SUMIF dan SUMIFS. Fungsi ini juga merupakan fungsi yang sering sekali digunakan dalam pembuatan data dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel, terutama dalam dunia akutansi. Fungsi SUMIF dan SUMIFS sebenarnya adalah gabungan dari 2 fungsi Excel yakni SUM yang berguna untuk melakukan penjumlahan data dan IF yang biasa digunakan untuk menentukan kondisi TRUE atau FALSE.

1. Fungsi SUMIF di Excel
Fungsi SUMIF digunakan untuk melakukan penjumlahan data dengan kriteria tertentu. Misal ingin menghitung berapa banyak barang tertentu yang terjual dalam sebuah toko computer.
Penulisan Syntax fungsi SUMIF adalah

SUMIF (range; criteria; [sum_range])

Penjelasan:
range digunakan untuk menentukan nilai dari range (sel-sel) yang ingin diuji atau dievaluasi.
criteria digunakan untuk menentukan kriteria dari data yang ingin dijumlahkan, kriteria ini bisa berupa angka, ekspresi ataupun teks. Contoh 33, "33", ">33" atau "Laptop" dll.
sum_range adalah range (sel-sel) yang ingin dijumlahkan datanya.

Untuk lebih memahami fungsi SUMIF perhatikan contoh berikut ini:



Pada gambar diatas terlihat sebuah data penjualan pada Toko Computer, Kita akan menghitung berapa banyak barang tertentu yang terjual. Misal penjualan LCD yang ditandai warna merah adalah 5 + 2 + 3 total 10. Jika datanya memang sedikit mungkin bisa diselesaikan dengan cara manual (hitung satu persatu) tapi jika datanya ada banyak misal ratusan atau ribuan data tentu akan banyak memakan waktu, untuk itulah cara terbaik menggunakan fungsi atau rumus SUMIF.
Berikut rumus yang digunakan untuk menyelesaikannya:
Pada Cell G5 (menghitung jumlah LCD yang terjual) masukkan rumus:

=SUMIF(C5:C14;"LCD";D5:D14) atau =SUMIF(C5:C14;F5;D5:D14)
Pada Cell G6 (menghitung jumlah Laptop yang terjual) masukkan rumus:

=SUMIF(C5:C14;"Laptop";D5:D14) atau =SUMIF(C5:C14;F6;D5:D14)
Pada Cell G7 (menghitung jumlah RAM yang terjual) masukkan rumus:

=SUMIF(C5:C14;"RAM";D5:D14) atau =SUMIF(C5:C14;F7;D5:D14)
Pada Cell G8 (menghitung jumlah Hardisk yang terjual) masukkan rumus:

=SUMIF(C5:C14;"Hardisk";D5:D14) atau =SUMIF(C5:C14;F8;D5:D14)
Pada Cell G9 (menghitung jumlah Mother Board yang terjual) masukkan rumus:

=SUMIF(C5:C14;"Mother Board";D5:D14) atau =SUMIF(C5:C14;F9;D5:D14)

2. Fungsi SUMIFS di Excel

Rumus SUMIFS fungsinya hampir sama dengan fungsi SUMIF yaitu melakukan penjumlahan data dengan kriteria tertentu, bedanya fungsi SUMIF hanya untuk satu kriteria sedangkan fungsi SUMIFS untuk yang lebih dari satu kriteria atau kriteria banyak.
Penulisan syntaxnya adalah:

SUMIF (sum_range; criteria_range1; criteria1; criteria_range2; criteria2;...)

Penjelasan:

sum_range adalah range (sel-sel) yang ingin dijumlahkan datanya.
criteria_range digunakan untuk menentukan nilai dari range (sel-sel) yang ingin diuji atau dievaluasi.

criteria digunakan untuk menentukan kriteria dari data yang ingin dijumlahkan, maksimal sampai 127 kriteria, kriteria ini bisa berupa angka, ekspresi ataupun teks. Contoh 33, "33", ">33" atau "buku" dll.

Contoh penggunaan fungsi SUMIFS di Excel:





Menghitung Data Penjualan LCD tanggal 01/10/2014 sampai 03/10/2014, caranya adalah dengan memasukkan rumus berikut ini pada cell D17:

=SUMIFS(D5:D14;C5:C14;"LCD";B5:B14;">=01/10/2014";B5:B14;"<=03/10/2014")
Hasilnya adalah 7 yaitu pada tanggal 1 sebanyak 5 buah dan tanggal 2 sebanyak 2 buah.

Sekian pembahasan tentang cara menggunakan fungsi SUMIF dan SUMIFS di Excel, Contoh Filenya bisa di unduh disini. Semoga Bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar